Skip to main content

Cara Ternak Kambing

Cara Ternak Kambing

Sukses Ternak Kambing

Dalam usaha kambing, pasar bukanlah sebuah hambatan Karena pada dasarnya sudah mempunyai pasar tradisionalnya yang kuat, yaitu pasar yang didasarkan pada nilai tradisi dan religi. Nilai-nilai tersebut akan selalu hidup sepanjang masa. Sampai kapan pun ibadah qurban dan aqiqah akan tetap dilaksanakan. Dengan demikian, ternak kambing masih tetap dibutuhkan. Di samping itu, sebagai sumber protein hewani kambing juga akan selalu diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia bersama sumber pakan hewani lainnya. Akan tetapi, perkembangan peternakan kambing di Indonesia saat ini belum mencapai yang maksimal. Hal ini terlihat dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang berasal dari produk kambing yang belum terpenuhi dengan baik. 

Mengapa perkembangan usaha peternakan kambing saat ini tidak terlalu terlihat layaknya usaha peternakan lainnya? Ternyata beberapa alasannya disebabkan oleh peternak itu sendiri. Sebagian besar peternak kambing di Indonesia merasa sudah melakukan dan memberikan yang terbaik untuk ternak peliharaannya dan untuk usahanya. Padahal, untuk menjadi seorang peternak yang sukses tidak hanya cukup dengan ketelatenan dan modal. Untuk menjadi seorang peternak yang sukses, diperlukan kemauan untuk maju dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. Hal ini penting agar peternak mampu bersaing dengan para peternak besar lainnya. Selain itu, peternak juga dapat memiliki banyak jaringan pemasaran yang akan membuat peternak semakin mudah dalam memasarkan produk ternaknya. 

Kegagalan yang terjadi pada sebuah usaha peternakan sering kali disebabkan oleh kurangnya penerapan manajemen yang baik dan benar. Peternak merasa sudah menjalankan usahanya dengan benar tanpa melihat kebutuhan dan kenyamanan ternak yang dipeliharanya. Oleh karena itu, bangkitlah para peternak kambing Indonesia, yakinlah bahwa kita berada pada jalur usaha yang benar untuk menyosong masa depan peternakan Indonesia yang gemilang. Kita juga harus mampu untuk merebut peluang dan tantangan yang ada di depan mata.

Artikel Tata Cara beternak kambing ini disusun dalam rangka mencapai tujuan di atas. Disusun dalam format tanya jawab agar lebih mudah dipahami. Setiap pertanyaannya memuat panduan yang memang dibutuhkan oleh peternak dan calon peternak kambing agar tidak mengalami kegagalan dalam usahanya. Membaca buku ini seperti sedang mengikuti sekumpulan permasalahan dalam berbagai aspek bisnis kambing dan solusinya yang selama ini menjadi hambatan. Buku ini juga memuat spirit untuk memelihara kambing. Memelihara kambing bukan hanya sekedar bisnis semata, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan gizi Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih usaha, beternak kambing adalah pilihan tepat dan jangan 
takut untuk gagal karena sesungguhnya kegagalan dapat dihindari jika kita mau.

Kegagalan dalam suatu usaha merupakan risiko yang pasti dialami oleh setiap peternak, khususnya pada usaha peternakan kambing. Bagaimana jika hal tersebut dialami berkali-kali? Tentu peternak akan mengalami kerugian dan akhirnya gulung tikar. 

Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kegagalan dalam usaha peternakan kambing, antara lain perencanaan dan analisis usaha yang kurang tepat, pemasaran yang kurang berjalan dengan baik, kesalahan dalam pemilihan lokasi kandang, manajemen pemeliharaan dan pakan yang kurang baik, kebersihan kandang yang buruk sehingga sumber penyakit dengan bebas berkembang biak dalam kandang dan menyebabkan tingkat kematian yang tinggi, serta recording yang kurang tertata rapi. Lalu, bagaimana jika tidak ingin mengalami kegagalan? 

Ukuran keberhasilan beternak kambing dapat diukur berdasarkan kemampuan peternak dalam menggali potensi yang ada. Keterbatasan modal juga bukan lagi penghalang untuk memajukan usaha ternak kambing. Peternak harus mampu untuk memperluas jaringan kerja sama serta sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan agar pengetahuannya semakin banyak, Berbagai sistem bantuan baik dari pemerintah maupun kemitraan dengan perusahaan atau instansi kini semakin banyak. Dengan membentuk kelompok ternak dan membuat proposal bantuan ke pemerintah akan banyak membantu keberhasilan usaha. menjalin kemitraan dengan suatu perusahaan atau instansi juga dapat menjadi alternatif agar usaha peternakan kambing yang dijalankan semakin berkembang. Oleh karena itu, jangan berhenti untuk terus belajar, khususnya dari pengalaman dan terus mencoba untuk lebih baik dari sebelumnya, serta lakukan recording dengan baik sehingga usaha Anda akan terhindar dari kegagalan.


Ternak Kambing Etawa

Berikut adalah beberapa map tentang Cara Ternak Kambing