Skip to main content

Bagaimana cara memandikan kambing ? Ini Lho Caranya

Bagaimana cara memandikan kambing?


Jawab: Menjaga kebersihan kambing dengan cara memandikannya, terutama bila dilakukan rutin dan benar, akan membantu menekan perkembangan kutu rambut serta menghindarkan kambing dari penyakit kulit. Oleh karena itu sebaiknya pahami dengan baik cara memandikan kambing seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Perhatikan cuaca serta suhu di lingkungan sekitar kandang.Sebaiknya kambing dimandikan menjelang siang hari. Hal ini bertujuan agar setelah dimandikan kambing akan mendapat sinar matahari.
2. Basahi kambing dengan cara disemprot dengan menggunakan selang air atau sprayer. Kemudian, gosokkan seluruh badan kambing dengan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu.
3. Hindarkan mengguyur kepala dan muka. Akan tetapi, pastikan bagian belakang kepala terutama di seputar leher sampai antara dua tanduk terkena sabun. Hal ini karena pada daerah tersebut merupakan tempat berkembang biaknya telur kutu.
4. Setelah semua terkena busa sabun, bilas dengan air bersih. Untuk Kambing berkutu, sebaiknya air untuk membilas ditambah dengan obat kutu. Pemberian sampo juga diperbolehkan karena dapat melembutkan atau memecah gimbal pada rewos.
5. Memandikan kambing idealnya dilakukan 15 hari sekali untuk Induk, kecuali jika induk kambing sedang bunting. Sebaiknya, iduk yang sedang bunting tidak dimandikan sampai waktunya melahirkan. Hal ini karena dapat mengganggu perkembangan janin dan dapat menyebabkan keguguran.
6. Segera setelah melahirkan, semprot bagian ekor dan rewos dengan air hangat yang telah dicampur obat pengusir lalat. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bulu pantat dan ekor serta mencegah lalat berkembang di sekitar vulva.




Sekian terima kasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang berternak kambing, semoga anda semakin sukses :D amin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar