--> Skip to main content

6 Tips Agar Tidur Berkualitas - Kamu Pasti Bisa Hidup Lebih Sehat


Tidur adalah salah satu kebutuhan paling mendasar bagi tubuh kita, dari makanan dan minuman kita memperoleh energi dan vitamin untuk menunjang nutrisi kebutuhan tubuh, sedangkan dengan tidur Tubuh akan meregenari sel-sel baru dan memperbaiki sel yang telah rusak karena aktivitas di siang hari, Oleh karena tidak heran jika banyak pakar menyebutkan dengan memperoleh kualitas tidur yang baik setiap malam, maka orang tersebut akan lebih terlindungi dari penyakit kronis dan masalah fungsi otak lainnya.

Banyak kalangan dari dokter dan pakar setuju bahwa minimal kualitas tidur yang baik jika dilihat dari durasinya adalah antara 7 sampai 8 jam, dimana ada beberapa dari kita yang sulit untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena beberapa alasan seperti banyaknya pekerjanan yang menumpuk dan harus di selesaikan dengan begadang, atau tugas kuliah yang tak kunjung selesai membuat kondisi tubuh menjadi stress dan mengakibatkan susah tidur.

Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Tapi, terkadang sulit untuk memenuhi anjuran tersebut kalau ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Belum lagi bila kondisi stres dapat membuat kita sulit tidur. Jika anda merasakan lelah pada saat bangun di pagi hari ditambah dengan sakit kepala dan juga seing merasa ngantuk pada saat siang hari, itu berarti ada yang salah dengan pola rutinitas tidur kamu, silahkan ikuti tips agar mendapatkan tidur nyenyak di bawah ini supaya bisa bangun lebih segar di pagi hari. 

1. Hindari makan malam sebelum waktu tidur
Ketika anda makan dan anda langsung berbaring untuk tidur, hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, mengapa? karena perut kita membutuhkan waktu untuk memproses dan mencerna makanan yang kita makan, dan tentunya hal tersebut perlu waktu yang tidak sebentar, hal terburuk yang bisa terjadi jika anda tetap memaksakan makan dan langsung tidur tanpa adanya jeda minimal 2 jam adalah asam lambung anda bisa naik dan menyebabkan sakit maag, dan juga rasa panas di dada, tenggorokan, dan perut dapat terjadi, oleh karena itu beri waktu jeda/jarak antara waktu makan malam dan tidur.
 
Hindari Makan Malam
Ilustrasi makan Pizza di waktu malam
2. Bangun di pagi hari dengan waktu sama
Dengan rutinitas waktu bangun yang sama di waktu pagi, hal ini dapat mengatur jam biologis tubuh anda dan juga membantu kamu measa lebih berenergi, oleh sebab itu banyak pakar kesehatan yang menyarakan agar selalu bangun di jam yang sama setiap pagi, hal ini bisa kamu lakukan dengan menyetel alarm yang sama setiap hari, dan hindari tombol snozee ya teman. karena dengan memperlama waktu tidur juga bukan pilihan yang tepat, dan justru dapat membuat kamu merasa kurang segar dan lebih lemas sampai cepat ngantuk saat beraktivitas.
Bangun Pagi Hari


3. Olahraga rutin setiap pagi
Awali harimu setidaknya dengan melakukan lari pagi ataupun berkemur di bawah terik sinar matahari, sinar matahari bisa memberikan efek agar mata anda lebih melek dan juga otak akan mendapatkan sinyal supaya berhenti untuk memproduki hormon melatonin yang bisa membuat anda lebih ngantuk, hormon melatonin yang di stop tadi akan di gantikan dengan hormon adrenalin untuk tanda bahwa ini adalah waktumu untuk beraksi dan bergerak agar harimu makin produktif.

Meditasi setelah bangun di pagi hari juga alternatif yang baik, tapi yang paling efektif adalah anda dapat berjalan dan berolahraga sambil berjemur dibawah terik mentari pagi paling tidak sekitar 10-20 menit setelah kamu bangun. Orang yang telah rutin dengan kegiatan tersebut diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih berkualitas dan mendapatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan pastinya.
 
Morning Workout
Olaharaga pagi hari
4. Jangan Minum Kopi dan Alkohohol
Agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik saya sarankan hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol, setidaknya 8 jam sebelum jam tidurmu, karena seperti yang saya sebutkan diatas tidur adalah kebutuhan mendasar dan menjadi fitrah seorang manusia, jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup anda akan mendapatkan masalah serius dengan otak anda, seperti menjadi pikun, kemampuan kognitif dan refleks yang menurun drastis, oleh karena itu jagalah kualitas tidurmu agar tidak mendapatkan masalah yang serius dikemudian hari, ingat kata Bang Roma begadang jangan begadang kalau tiada artinya.

No kafein

5. Sisihkan Waktu untuk Tidur Siang
Anda pasti merasakan puncak kelelahan dalam sehari itu paling terjadi pada tengah malam dan juga siang hari, tidak ada salahnya jika anda tidur siang sebentar selama 15 menit anda untuk merefresh kembali beban yang ada di otak dan tubuh anda, saya sudah mencobanya sendiri dan hal tersbut memanglah sangat efektif untuk dilakukan.
 
Tidur Siang Melatih Daya Ingat
Ilustrasi Tidur Siang
6. Jauhkan Gadget Smartphone & Laptop
Jika anda sudah memutuskan jadwal waktu tidur anda, pastikan sebelum tidur anda sudah menjauhkan semua peralatan elektronik kamu, supaya kamu bisa lebih fokus untuk tidur tanpa terganggu gadget, email dari rekan kerja ataupun hal-hal yang lain.

Sekian artikel dari terakur.web.id semoga bisa membantu anda agar tidur kamu jadi lebih baik lagi, salam.

No gadget before sleep


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar