Skip to main content

Cara Penanganan Kambing Sakit - Tips Kesehatan Ternak

Penyakit berawal dari hal sepele yang mungkin terlupakan oleh peternak kambing, terus berkembang dan menjadi sebuah masalah yang besar sehingga menyebabkan angka kematian meningkat. Salah satu solusinya yaitu dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya serta pemberian vaksin agar daya tahan kambing terhadap penyakit semakin

Salah satu kunci keberhasilan usaha ternak kambing adalah penanganan kesehatan. Pada peternakan skala kecil yang hanya memelihara paling banyak sepuluh ekor, penanganan kesehatan tidak serumit pada usaha skala komersial yang populasinya mencapai ratusan ekor. Demikian pula dengan jenis usaha ternak lainnya. Hal tersebut harus diperhatikan mulai pada saat merencanakan usaha.

Penyakit yang sering timbul pada peternakan kambing sering kali diawali oleh hal yang sepele. Adanya penyakit memperlihatkan bahwa peternak tidak sungguh-sungguh menjalankan usahanya. Kandang yang kotor dengan banyaknya kotoran kambing yang menumpuk pada alas kandang merupakan salah satu contoh penyebab penyakit. Ketika ternak sudah terkena penyakit, satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan pengobatan, tentunya hal ini harus ditangani dengan segera.

Berdasarkan prinsipnya, pengobatan kambing yang sakit dapat dilakukan secara tradisional dan modern. Pada umumnya peternak kecil belum terlalu paham dengan pengobatan modern sehingga agar dapat bertindak cepat dalam mengatasi gangguan kesehatan yang dialami kambingnya, peternak menggunakan obat-obatan tradisional yang umumnya tersedia banyak di alam.

Penyakit apa saja yang sering kali menyerang kambing dan bagaimana pengobatan tradisionalnya?

Penyakit yang umum menyerang dan cara pengobatannya antara lain sebagai berikut.

1. Penyakit Mata / PINK EYE

Umumnya penyakit ini menyerang kambing pada saat cuaca kurang baik serta adanya penurunan daya tahan tubuh. Penanganan awal yang dapat dilakukan dengan pemberian daun sirih, garam, dan air panas. Cara pembuatannya yaitu dengan mengambil tiga lembar daun sirih, lalu tuangkan air panas yang telah dicampur dengan garam ke dalam gelas. Setelah campuran tersebut dingin, kompreskan ke bagian mata kambing yang terserang penyakit tersebut. Lakukan cukup sekali dalam sehari selama dua hari.


PINK EYE


2. Penyakit Batuk
Penyakit batuk ini sering kali disertai dengan flu sehingga menyebabkan kambing biasanya susah bernafas dan sering batuk. Penyakit batuk dapat terjadi akibat hijauan yang basah. Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan pemberian beras kencur dengan cara mengambil beberapa potong kencur. Kencur tersebut ditumbuk, lalu dicampur dengan beras. Kemudian beri air panas dan minumkan pada kambing yang sakit setelah air beras kencur tersebut dingin.

3. Penyakit Cacingan
Cacingan hampir selalu dijumpai pada setiap kambing. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh faktor pakan yang mengandung benih cacing. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan cara pencegahan setiap tiga bulan dengan memberikan obat cacing. Obat cacing biasanya diberikan pada cempe prasapih untuk menambah daya tahan tubuh kambing agar terhindar dari penyakit cacingan. Pada beberapa peternakan kecil, campuran temu hitam dengan gula merah sering kali dijumpai sebagai obat cacingan.


Pemberian Obat Cacing
Pemberian Obat Cacing


4. Penyakit Gatal
Gatal biasanya menyerang pada sebagian kulit kaki, kepala, dan sebagian tubuh kambing. Jenis penyakit ini juga sangat mudah menular pada kambing lainnya. Pengobatan dan penanganan pertama yang dapat dilakuakn adalah dengan memisahkan kambing yang sakit. Kemudian ambil beberapa butir lirang dan oli bekas yang dicampur dengan minyak goreng serta garam, lalu tumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian yang gatal dan sakit. Lakukan beberapa kali hingga luka akibat gatal mengering.

5. Penyakit Ambing
Gejala ambing bengkak (ngrangkak) atau tidak keluarnya air susu sering kali dijumpai. Untuk mengatasi penyakit ini dapat digunakan beberapa siung bawang putih yang dicampur dengan garam, lalu tumbuk halus dan beri air hangat. Campuran yang sudah siap segera dikompreskan pada bagian ambing yang sakit.

6. Penyakit Tetanus
Bebarapa pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara memotong plasenta yang basah dan agak panjang, lalu mengolesinya dengan kunyit agar tidak terkena bakteri tetanus yang biasanya masuk melalui ujung plasenta.

7. Penyakit Diare
Penyakit ini disebabkan pemberian pakan yang berlebihan atau karena memakan daun yang masih terlalu muda secara berlebihan. Untuk mengatasi penyakit diare pada kambing cukup menggunakan mahkota dewa. Caranya adalah dengan mengiris beberapa buah mahkota dewa, lalu campurkan dengan garam serta air panas. Setelah dingin, campuran tersebut diberikan pada kambing. Apabila sulit menemukan buah mahkota dewa, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan campuran daun jambu biji yang dengan garam secukupnya. hal ini juga berlaku untuk mengobati kambing tidak mau makan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar