Skip to main content

Tips Memotong Merawat Kuku dan Tanduk KAMBING

Bagaimana cara memotong dan merawat kuku serta tanduk kambing? 

Perawatan kuku kaki sangat diperlukan karena apabila salah atau tidak terawat dapat berakibat fatal, terutama pada usaha kambing perah. Kesalahan perawatan kuku di awal kelahiran biasanya mengakibatkan kambing susah berdiri dan saat dewasa karakter kuku kaki menjadi kurang baik

Kuku yang tidak terawat biasanya cenderung pecah atau sobek, lalu menjadi tempat tersimpannya kotoran yang tidak sengaja terinjak oleh kambing. Dengan demikian, penyakit menjadi mudah datang, Cara merawat kuku kambing sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan pemotongan setiap +3 bulan sekali dengan menggunakan alat pemotong kuku. Kuku yang dipotong adalah kuku bagian luar Sisakan sekitar 1 cm untuk melindungi tulang kaki terhadap pijakan.

Merawat Tanduk Kuku Kambing


Disamping kuku, bagian tubuh lainnya yang juga harus dirawat adalah tanduk. Apabila tanduk tidak dirawat maka tanduk akan tumbuh memanjang dan melukai kulit kepala sehingga menyebabkan iritasi. Perawatan tanduk kambing yang baik dapat dilakukan dengan cara rajin memotong tanduk kambing mulai memanjang. Cara memotong tanduk hampir sama dengan memotong kuku. Sisakan sedikit agar tidak melukai dagin inti tanduk. Setelah itu, haluskan bekas potongan dengan kikir yang lembut untuk menghilangkan bekas sudut tajam pada tanduk kambing.

Nah seperti itulah tips dan trik untuk merawat kuku dan tanduk kambing jika kamu mempunya saran atau memiliki pertanyaan yang lain, silahkan komen dan mari kita diskusikan dikolom komentar bawah ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar