--> Skip to main content

CARA PEMASARAN KAMBING dan PEMANFAATAN PRODUK

    Pemasaran merupakan ujung tombak dari keberhasilan suatu usaha. Tanpa pemasaran, produksi yang dihasilkan tidak akan terjual dan menguntungkan. Begitu pula dengan sisa hasil produksi, keberadaannya bila hanya dibiarkan saja aka membuat masalah baru. Akan tetapi, jika ditangani dengan baik akan memberikan keuntungan yang berlipat.

Anda mungkin bertanya, setelah kambing yang Anda pelihara siap panen nantinya akan dijual kemana? Memasarkan produk adalah hal yang sangat penting. Ketidakmampuan memasarkan produk berarti usaha yang Anda lakukan akan macet. Kambing dan ternak lainnya adalah salah satu kategori kebutuhan primer (kebutuhan pokok) manusia yaitu makanan.

 Selama manusia masih membutuhkan makan, selama itu pula makanan akan tetap dibutuhkan. Memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menjual hasil ternak kambing, terutama bagi pemula. Akan tetapi, jika tidak dilakukan maka usaha yang telah dijalankan tidak akan pernah mencapai keberhasilan, bahkan akan menyebabkan kegagalan dan kerugian.

 

1. Bagaimana cara menjual kambing bagi peternak pemula?

 

Jawab: Cobalah datang ke pasar hewan, lalu amati kebiasaan para penjual dan calon pembeli. Lakukan sebanyak 2—3 kali, Anda akan menemukan pola unik cara bertransaksi. Dengan mengamati pola distribusi ternak kambing di pasar hewan, Anda akan tahu berapa harga pasaran dan selisih harga jual serta harga beli ternak kambing umumnya. Dekati salah seorang yang juga bekerja di pasar hewan agar Anda mudah dalam mendapatkan informasi harga atau orang yang dapat dijadikan pelanggan (calon pelanggan).

 

2. Bagaimana cara mengetahui bobot kambing tanpa ditimbang terlebih dahulu?

 Jawab: Mengetahui bobot kambing sangat penting, terutama untuk usaha penggemukan. Dengan mengetahui bobot badan maka harga kambing dapat ditentukan, yaitu dengan mengalikan berat badan (kg) dengan harga kambing hidup per kg (Rp). Rumus bobot badan kambing adalah sebagai berikut.


Rumus bobot badan yang dilakukan dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan ternak kambing dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Ukur Lingkar Dada Gambing

 

 

3. Apa perbedaan usaha penggemukan dengan pembibitan kambing?

Jawab: Masyarakat awam dan calon peternak mungkin bingung membedakan usaha penggemukan dan pembibitan. Pada dasarnya, usaha penggemukan dan usaha pembibitan merupakan dua hal yang prinsipnya sangat berbeda.

 Penggemukan: Membeli kambing bakalan dan menjualnya beberapa bulan kemudian. Peternak mendapatkan keuntungan dari pertambahan bobot badan ternak. Pada jenis usaha ini keuntungan dan perputaran modal lebih cepat didapat sehingga sangat cocok untuk dilakukan oleh peternak pemula. Tipe kambing yang digunakan sebagai bakalan juga dapat berasal dari yang kualitasnya standar bahkan di bawah standar.

Pembibitan: Untuk menghasilkan bibit yang bagus, indukan yang digunakan juga harus yang berkualitas. Pada jenis usaha ini, masa kawin ternak kambing sangat diatur. Pertambahan jumlah ternak yang terjadi pada satu induk dalam dua tahun adalah tiga kali (5 bulan bunting + 3 bulan menyusui). Kambing yang digunakan sebaiknya kambing kambing yang berkualitas seperti boer, merino, PE, dan etawa.

 

4. Apa sajakah manfaat susu kambing untuk kesehatan manusia?

Jawab: Khasiat susu kambing, khususnya kambing etawa baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa zat yang terkandung di dalamnya sangat perperan penting untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti, asma, flek, hipertensi, TBC, dan lainnya. Susu kambing etawa tidak banyak mengandung kolesterol yang tinggi sehingga tidak berbahaya bagi penderitanya. Susu kambing dapat disajikan dalam bentuk segar atau bubuk. Susu kambing etawa juga dapat diolah menjadi beberapa macam bentuk produk makanan dan minuman. Beberapa macam bentuk olahan susu kambing etawa yaitu kerupuk susu kambing, karamel, gula kristal susu kambing, permen, dan masih banyak lainnya. Susu kambing etawa dewasa ini juga banyak dijadikan sebagai alternatif obat terapi bagi penderita penyakit paru paru.

5. Bagaimana prosedur pengangkutan kambing?

Jawab: Umumnya perpindahan ternak dari suatu tempat ke tempat lainnya akan menyebabkan gangguan pola hidup pada ternak (stres). Stres sering kali dijumpai pada ternak khususnya kambing, bahkan ada yang berakibat fatal pada kematian. Stres dapat dicegah sejak dini dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan suntikan vitaminsebelum ternak dikirim. Pada ternak yang sehat kedua hal tersebut cukup untuk menghindari stres. Akan tetapi, jika sejak awal ternak sudah mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya hindari melakukan pengiriman.

Untuk menghindari terjadinya water blood dan jika menggunakan truk, sebaiknya didesain agar angin yang masuk tidak terlalu kencang tetapi tidak pengap. Angin yang terlalu kencang akan mengakibatkan kambing masuk angin atau kembung. Sesampainya di tempat tujuan, beri air garam untuk menambah energi dan sesegera mungkin berikan pakan hijauan.

6. Apa saja ketentuan kambing yang dapat dijadikan sebagai hewan aqiqah?

 Jawab: Untuk memilih kambing yang akan digunakan sebagai hewan aqiqah, perhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

1.       Cukup Umur

Kambing yang dimaksud cukup umur untuk digunakan sebagai hewan aqiqah minimal enam bulan, tetapi sebaiknya yang sudah melewati satu tahun.

 

Gigi Kambing Tumbuh

 

2. Sehat dan Tidak Pincang

Periksa fisik kambing secara keseluruhan. Mulai dari mata hingga ekornya. Pastikan kambing dalam kondisi yang sehat. Apabila ingin menggunakan jasa orang lain, Pastikan Anda menggunakan jasa yang benar-benar berdedikasi. Hal ini karena dikhawatirkan kambing yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan seharusnya.

3. Tidak Cacat

Cacat yang dimaksud yaitu terdapat bagian tubuh kambing yang tidak sempurna seperti tanduk patah, gigi lepas atau dalam masa pergantian ke gigi permanen, serta bulu rontok.

7. Bagaimana cara membuat pupuk cair biourine kambing?

Jawab: Salah satu hasil produksi yang dapat dimanfaatkan dari beternak kambing adalah limbahnya. Bukan hanya feses yang dapat dijadikan pupuk, tetapi urine kambing juga dapat dijadikan sebagai pupuk. Peluang pupuk organik dari urine kambing untuk dijadikan usaha juga masih terbuka lebar. Pupuk organik memiliki keunggulan ganda yang dapat bermanfaat bagi tumbuhan dan memperbaiki unsur hara pada tanah yang tidak terdapat pada pupuk kimia. Lebih lanjut melihat kondisi yang ada saat ini, di mana harga pupuk kimia melambung tinggi.

Bahan yang diperlukan untuk membuat fermentasi pupuk cair bio urine adalah sebagai berikut.

• Satu drum plastik urine dengan kapasitas 150 liter.

• Tetes tebu/molases 750 ml.

• Empon-empon (temulawak, temuireng, kunyit, dan lainnya) sebanyak 5 kg. • Bacteri R. bacillus dan Azobacter sebagai starter fermenter 250 ml, atau dapat diganti dengan EM4.


• Bakteri EM4 dan molases dilarutkan dalam air jernih sebanyak 10 liter, lalu dituangkan ke dalam drum urine, empon-empon dihancurkan dan dimasukan ke dalam drum. Setelah tercampur, aduk sampai rata seluruh bahan selama 15 menit dan tutup rapat drum. Lakukan pengadukan setiap hari selama 15 menit.

 

Pembuatan BIO URINE

• Setelah tujuh hari, urine dipompa dengan menggunakan pompa yang biasa digunakan pada aquarium dan dilewatkan melalui talang plastik dengan panjang 2 m yang dibuat seperti tangga selama tiga jam. Hal ini bertujuan menguapkan kandungan amonia agar tidak berbahaya bagi tanaman. Pupuk cair siap digunakan. • Untuk aplikasinya, dapat dilakukan dengan cara disiramkan atau disemprotkan.

8. Apa saja khasiat dan kandungan yang terdapat dalam susu kambing?

Jawab: Susu kambing mengandung zat-zat sebagai berikut.

1. Zink (Zn) pembentuk sistem kekebalan tubuh.

2. Mineral alkalin baik untuk penderita maag kronis.

 3. Zat flourin dan betakasein baik bagi penderita bronkitis, asma, TBC, dan pneumonia.

4. Kandungan A2-Betakasein dan asam amino esensial pembentuk insulin berguna bagi penderita diabetes.

5. Cynokobalamin pembentuk zat Hb bagi penderita demam berdarah, anemia, dan thalasemia.

 6. Kalium (K) berguna bagi penderita arteriosclerosis, tekanan darah tinggi, dan darah rendah.

 7. Enzim xanthine, oxydase dan niasin (vitamin B3) berfungsi untuk mengatasi sel kanker, tumor, dan mengurangi efek toksik kemoterapi. 8. Kandungan kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

9. Kandungan MCT (medium chain trygliseride) berguna bagi program diet dan penyembuhan stroke.

 10. Kaya dengan lactoglobulin, penahan protein penyebab alergi.

11. Tingkat keasamannya menyerupai kulit sehingga dapat melembapkan dan mempercantik kulit.

12. Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (vitamin B2) dan B3 yang menumbuhkembangkan sel otak serta sistem syaraf bagi kecerdasan anak.

13. Riboflavin (vitamin B2) bermanfaat untuk menurunkan frekuensi serangan migrain.

 14. Lactiferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme, dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan Sel T sebagai pembentuk sistem kekebalan tubuh bagi penderita VIRUS HIV-AIDS.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar